Tuesday 11 September 2012

I Wish I Could Change My Blood Type!

Selamat malam....! ^^

Kali ini aku mau cerita soal pengalamanku berhadapan dengan diet golongan darah. Sekarang ini, diet golongan darah mulai banyak dijadikan pilihan. Untuk yang belum tahu apa itu diet golongan darah, diet golongan darah ini adalah pola makan yang disesuaikan dengan tipe golongan darah kita. Jadi, diet ini mengatur apa yang boleh kita makan dan apa yang tidak sesuai dengan golongan darah masing-masing.



Nah, berkaitan dengan diet golongan darah ini, ceritanya waktu sebelum lebaran kemarin, suatu hari tiba-tiba aku menerima SMS dari temanku. Isi SMSnya begini:

Woi! Gue lagi browsing soal diet golongan darah nih. Golongan darah lu O kan? Berarti lu ga boleh makan kacang-kacangan, yoghurt, es krim, alpukat, keju, susu sapi, termasuk cumi-cumi. Nah lo itu bagusnya makan daging sapi, kerbau, kambing, anak sapi, makerel, ikan hering, salmon, sarden, brokoli, bawang putih, bayam. kentang, nanas."

Dapat SMS kayak gitu, aku cuma bisa melongo. Hal pertama yang langsung terlintas di pikiranku adalah, "Gue pengen ganti golongan darah aja". OK, lupakan. Itu memang nggak mungkin.

Masalahnya, semua makanan yang temanku bilang nggak boleh dimakan sama orang-orang yang bergolongan darah O itu adalah makanan favoritku! Aku paling suka makan kacang merah diblender dan cuma dikasih garam sedikit. Yoghurt? Siang-siang yang panas itu paling enak minum yoghurt yang asem-asem dan menyegarkan. Es krim? Nggak ada hari tanpa cemilan yang satu ini. Alpukat, suka. Keju, susu sapi, cumi-cumi, semuanya enyaaaak.... Jadi gimana caranya aku bisa lepas dari makanan-makanan enak itu? :(

Aku tahu, diet itu baik untuk kesehatan. Tapi terkadang ketika kesehatan sudah bertentangan dengan kenikmatan, untuk pencinta kuliner seperti aku kenyataan itu kejam sekali. :(

Memang... Kebiasaan bandel seperti aku ini lebih baik nggak kalian tiru. Lebih baik menjaga kesehatan sedari dini daripada baru menyesal suatu hari nanti. Aku sendiri, untuk sekarang jujur, sama sekali belum mampu meninggalkan semua makanan enak yang sudah aku sebutkan sebelumnya tadi. Jadi yang sekarang aku lakukan adalah menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi juga makanan-makanan yang dianjurkan untuk orang-orang bergolongan darah O.

Kebetulan, daftar makanan yang termasuk makanan yang dianjurkan bagi golongan darah O juga termasuk daftar makanan yang aku suka (OK Ri... Makanan apa sih yang nggak kamu suka? -.-a).

Tapi untuk kalian yang memutuskan untuk mengikuti diet golongan darah dan berhasil, selamat ya... Iri juga karena aku sendiri belum mampu. 

Untuk kalian yang mungkin mau tahu soal diet golongan darah yang lain, ini aku copykan informasinya dari http://www.merdeka.com/sehat/panduan-diet-sesuai-golongan-darah.html

Golongan darah O
 Kebanyakan orang dengan golongan darah O tidak cocok menjadi vegetarian, sebab mereka adalah pemakan daging yang membutuhkan sumber protein yang tinggi. Anda yang bergolongan darah O sebaiknya memenuhi kebutuhan diet dengan telur, ayam, daging merah sapi atau kambing. Seluruh jenis sayuran tetap disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, kurangi gula dan pemanis lainnya karena metabolisme golongan darah O sangat rendah. 

Golongan darah A
Jenis diet apapun tidak akan berhasil apabila orang bergolongan darah A kerap stres sepanjang waktu. Jika ingin mengurangi stres, maka konsumsi daging sapi atau kambing yang berkolesterol tinggi sebaiknya dikurangi. Namun ikan, terutama yang hidup di laut, adalah makanan terbaik untuk diet orang-orang golongan darah A. Sementara itu, asupan protein bisa Anda dapat dari kacang ginjal, kacang hitam, dan jenis kacang-kacangan lainnya. 

Golongan darah B
 Beruntunglah Anda yang bergolongan darah B, sebab Anda hampir bisa memasukkan segala jenis makanan ke dalam menu diet Anda. Golongan darah B juga jarang menderita intoleransi laktosa yang biasanya tidak memungkinkan seseorang mengonsumsi produk susu. Anda yang memiliki golongan darah ini sayangnya harus membatasi konsumsi daging unggas karena tidak baik bagi kesehatan golongan darah B. 

Golongan darah AB
Seperti namanya, orang yang bergolongan darah AB membawa sifat kebiasaan makan dari golongan darah A dan B. Konsumsi daging merah dan susu sebaiknya dikurangi dari menu diet Anda. Selain itu, asupan karbohidrat juga harus dibatasi dan menggantinya dengan sereal yang memiliki sedikit karbohidrat namun kaya akan serat. Untungnya, segala jenis sayur dan daging unggas bisa bebas Anda konsumsi.

Nah, itu dia tadi sedikit  mengenai diet golongan darah. Tertarik mencoba? Kalau aku pribadi, jujur, belum sanggup. :p . Tapi untuk kalian yang mau mencoba, SEMANGAT!

Selamat mencoba diet golongan darah...! ^^

0 comments:

Post a Comment