Friday 24 August 2012

Everything's Change, Everybody is

Siang ini, seperti biasanya aku kabur dan ngebolang sendirian. Mengelilingi kota kelahiranku, tanpa tujuan.
Dan aku tersadar, semua sudah banyak yang berubah... Padahal baru satu tahun aku tidak mengakrabi kota ini setiap hari, tetapi ternyata banyak sekali perubahan yang terjadi.
Sekolah tempatku belajar sejak TK kini sudah ber-AC kelas-kelasnya. Kepala sekolahnya sudah diganti, dan radionya sudah tidak lagi beroperasi.
Radio tempatku dulu sering main karena di sana juga ada kafenya, kini tinggal studionya saja. Kafenya sudah berpindah milik dan berubah menjadi restoran masakan Padang.
Radio tempatku dulu bekerja kini berubah menjadi radio dangdut. Beberapa penyiar sudah pergi, beberapa masih bertahan.
Kotaku yang dulu panas, sekarang TAMBAH panas, tambah padat. Sekarang franchise-franchise makanan yang terkenal dituduh kapitalis atau Amerika sudah banyak di sini.
Selain itu, masih ada banyak perubahan lainnya yang terjadi. Dan semuanya, terjadi dalam waktu satu tahun. Luar biasa.
Di dalam becak, aku berpikir semuanya sedang berubah. Semuanya sedang bergerak maju. Tidak ada yang memberi tempat untuk sesuatu yang berhenti dan diam. Semua bergerak di jalurnya, termasuk aku.
Lalu, apakah aku sudah siap dengan semua perubahan yang terjadi di sekitarku? Apakah aku sudah siap dengan perubahan yang terjadi pada diriku? Siap atau tidak, tidak ada waktu untuk berpikir. Semua bergerak, dan tidak ada tempat berhenti...

0 comments:

Post a Comment